11 Kota Sepeda Di Dunia

Pertama
Belanda Amsterdam dengan 750 ribu penduduk, menjadi salah satu kota yang mencintai sepeda. 40 persen lalu lintas disana didominasi sepeda, membuat penduduk lebih menyukai mengunakan sepeda sebagai gaya hidup.

Bukan untuk olahraga saja, penduduk kota Amsterdam memilih sepeda untuk kegiatan sehari hari. Maklum dengan sepeda akan lebih cepat, dengan fasilitas jalan yang memadai. Di terminal station kereja bahkan mampu menampung 10 ribu sepeda.

Kedua
Portland Oregon dengan 533 ribu penduduk. Sejak 1990 an, telah dibangun jalur sepeda sepanjang 60 sampai 260 mil. Kebanyakan penduduk disana mengunakan sepeda ke rumah tetangga yang meningkat sampai 9 persen

Ketiga
Denmark Copenhagen dengan 1. 8juta penduduk. Kota nomor 6 untuk kualitas untuk penduduk ternyata 32 persen pekerja mengunakan sepeda, dan 50 persen pengendara mengatakan mereka mengunakan sepeda lebih cepat dan mudah untuk bekerja. Jalur sepeda dipisahkan dari jalur umum, bahkan memiliki trafik ligh sendiri. Untuk berpergian ke antar tetangga sudah sangat jarang orang yang memakai kendaraan.

Keempat
Bulder , Colorado dengan 100 ribu penduduk. 75 persen murid mengunakan sepeda. Bahkan memiliki jalur khusus underpass untuk sepeda. Ditambah online map untuk jalur sepeda dikota tersebut.

Kelima
Davis, California US dengan 65 ribu penduduk. Kota kecil ini ternyata memiliki jalur 100 ribu khusus untuk sepeda. 17 persen penduduk melalukan kegiatan dengan sepeda. Pemerintah kota memberikan dana 1.7 juta dollar khusus membuat terowongan bagi sepeda.

Keenam
Sandnes Norwegia, 56 ribu penduduk. Pemerintah setempat melakukan proyek selama 4 tahun yang dimulai sejak 1990 an. Tujuannya agar mengurangi trafik kendaraan bermotor.

Ketujuh.
Trondheim, Norwegia 160 ribu penduduk. Sebagai kota kedua di Norwegia, 18 persen penduduk mengunakan sepeda, baik untuk bekerja atau sekolah. Diperkirakan jalur trafik sepeda akan meningkat, sekitar 8 pesen orang dikota tersebut mengunakan sepeda sampai tahun 2015.

Kedelapan
Sanfransico, California US 744 ribu penduduk. Walaupun masuk sebagai kota terpadat di Amerika, score pengendara sepeda menjadi kunci keberhasilan para pengendara sepeda disana. 65 mil tersedia jalur khusus untuk sepeda. Pemerintah setempat memprioritaskan penguna sepeda, diikuti pemakaian MRT.

Kesembilan
Berlin Jerman 3.4 juta penduduk. Berlin adalah kota besar, hampir separuh penduduk memiliki kendaraan pribadi. Sekarang lebih banyak mengunakan sepeda, dengan perkiraan trafik dari sepeda mencapai 15 persen sampai 2010. Berlin memiliki 80 km jalur khusus sepeda, dan 50 km untuk jalur pejalan kaki. Sekitar 400 ribu penduduk mengunakan sepeda, hal ini senilai 12 persen dari total trafik lalulintas di berlin. Maklum, dikereta saja sudah ada tempat khusus bagi mereka yang membawa sepeda.

Kesepuluh
Spanyol Bercelona 1.6 juta penduduk. Kota besar ini memiliki 100 station untuk tempat sepeda. Penduduk disana tinggal pergi ke stasiun kereta dengan sepeda lalu melanjutkan dengan kereta. Tempat parkir juga tersedia dibanyak tempat. Saat ini tempat khusus sepeda mencapai 3250 ribu buah. Keamanan, tidak perlu takut karena parkir sepeda diberikan dijalur bawah tanah.

Terakhir
Basel Switzerland, dengan 200 ribu penduduk. Kota ini paling lengkap menyediakan fasilitas untuk pengendara sepeda. Baik rambu lalulintas, peta dan lainnya sudah tersedia. Bahkan penduduk disana dapat menyewa sepeda dari parkir dibawah tanah oleh sebuah perusahaan setempat.