Critcal Mass

Bagaimana Memulai Crtitcal Mass


1. Memahami struktur Critical Mass (CM)
CM tidak memiliki pemimpin. Ini sebuah peristiwa, bukan organisasi. Spontan dan bebas untuk bersepeda bersama-sama memenuhi jalan-jalan kota, tidak perlu otorisasi dari lembaga manapun juga. Kita bisa memulai dari mana saja kapan saja. Sebarkan informasi melalui brosur dan leaflet.
2. Memasukkannya ke dalam perspektif.
CM dapat menyenangkan, tetapi dalam dan dari dirinya sendiri, CM tidak akan mengubah apa pun. CM hanya efektif bila dikombinasikan dengan advokasi nyata - seperti lobi lokal dan pemerintah daerah dan perwakilan rakyat daerah untuk membangun jalur sepeda dan fasilitas sepeda lainnya.

3. Tentukan waktu yang berulang, hari, & lokasi awal.
CM harus diadakan pada waktu dan tempat yang konsisten/sama setiap bulan sehingga orang selalu tahu di mana dan kapan. Jumat terakhir setiap bulan merupakan waktu umum yang dilakukan seluruh dunia. Kota Jakarta memulai CM pada jam 20.00 hingga 22.00 wib
4. Bersepeda tidak perlu Izin
Titik kritis dari Critical Mass adalah "bersepeda adalah hak, bersepeda adalah kebebasan dan spontanitas" begitu pula kendaraan lainnya (motor roda dua dan roda empat). Sehingga untuk bersepeda kita tidak perlu izin. Pastikan bersepeda tidak memerlukan izin khusus.

5 Rute Perjalanan
Anda bebas bersepeda dari mana saja, kemana saja. CM tidak memiliki rute khusus, namun kita dapat menentukan bersama-sama rute yang akan kita tempuh serta titik lokasi pertemuan (meeting point).
6 Peraturan Lalu Lintas
Dibeberapa kota dunia penyelenggaraan CM tanpa memperdulikan peraturan lalu lintas, hal ini untuk memcari perhatian Polisi dan pengendara lainnya. Namun di Jakarta kita harus tetap memperhatikan hak-hak pengguna jalan lainnya serta tetap memperhatikan peraturan-peraturan lalu lintas yang berlaku. Hal ini untuk menunjukan bahwa para pesepeda Jakarta sangat tertib dan memiliki rasa kebersamaan serta sopan dalam berlalu lintas.
7. Apakah Anda memblokir lalu lintas?
Aspek yang paling kontroversial dari CM adalah sejauh mana itu memblokir lalu lintas. CM'ers yang gemar mengatakan "Kami tidak memblokir lalu lintas, kami ADALAH lalu lintas!".Hanya karena sepeda adalah pengguna jalan yang sah tidak berarti CM''ers tidak memperlambat pengguna jalan lainnya - terutama ketika mereka keluar dari jalan mereka untuk melakukannya dengan mengambil beberapa jalur.
Ingat bahwa CM seharusnya menjadi perayaan bersepeda, bukan kesempatan Anda untuk melihat berapa banyak ketidaknyamanan buat orang lain. Ini tentang menyatakan hak kita untuk jalan, tidak menghambat orang lain untuk menggunakan hak mereka untuk jalan.
8. Konfrontasi dengan kendaraan bermotor.
Mengganggu pengendara tidak akan membantu siapa pun. Anda dapat menuntut hak Anda untuk jalan tanpa izin. Banyak CM'ers membuat titik yang harus ramah terhadap pengendara sepeda motor, seperti tersenyum dan melambaikan tangan - bahkan tersenyum dan melambaikan kembali ketika pengendara yang membunyikan klakson dan mengutuk mereka. Beberapa hal lebih jauh lagi, membagi-bagikan bunga, memegang tanda-tanda/tulisan "Maaf untuk keterlambatan", atau membagi-bagikan selebaran meminta maaf untuk keterlambatan minimal sekali bulan, dan menjelaskan mengapa kita bersepeda. Jika Anda ingin menghindari konfrontasi dengan pengendara, meletakkan sesuatu yang berlaku dalam selebaran yang Anda gunakan untuk mempromosikan sepeda. 

9. Membuat brosur dan mempromosikan perjalanan.
Iklan terbaik adalah selebaran ditempatkan langsung pada sepeda. - Anda tahu seorang pengendara sepeda akan melihatnya. Buatlah beberapa strip per halaman untuk menghemat kertas. Berikut ini adalah contohnya. (Anda dapat memasang selebaran ke sepeda dalam banyak hal - seperti menekan tuas rem untuk membukanya, tergelincir di flier, kemudian melepaskan tuas rem Atau Anda dapat benang flier antara rem & kabel gearing di bagian atas. tabung.)
Juga memasang selebaran di toko-toko sepeda lokal. Jika kota Anda memiliki kategori sepeda lokal (seperti buletin), jangan lupa untuk memberitahu mereka juga. Membuat sebuah situs web sederhana, dan biarkan mereka tahu tentang perjalanan Anda.

10. Bersiaplah untuk intervensi polisi.
Polisi mungkin atau mungkin tidak muncul di perjalanan Anda. (Tapi jika Anda secara konsisten mengambil setiap jalur lalu lintas tunggal atau mengganggu pengendara, maka mereka hampir pasti akan muncul) Jika mereka muncul., Mereka mungkin mengganggu Anda karena melanggar undang-undang lalu lintas, atau mereka mungkin mengganggu Anda bahkan jika Anda tidak melanggar hukum. Anda terbaik pertahanan terhadap tindakan polisi tidak masuk akal adalah kamera video.

11. Dapatkan kreatif.
CM dapat meriah. Banyak pesepeda memakai kostum atau menghiasi sepeda mereka. Gunakan imajinasi Anda. Ini membuat lebih menyenangkan bersepeda.